Cokroaminoto Journal of Primary Education
Vol. 7 No. 2 (2024): Oktober 2024

Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia dalam Membaca Puisi Melalui Penerapan Metode Demonstrasi pada Siswa Kelas V SD Inpres Hartaco Indah Kota Makassar

Muliana, Muliana (Unknown)
Lestari, Andi Ayu (Unknown)
Hadaming, Hamdana (Unknown)
Darmansyah, Darmansyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Nov 2024

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini yakni kurangnya pemahaman siswa mengenai teknik membaca puisi yang baik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah ada peningkatan kemampuan membaca puisi dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui penerapan metode demonstrasi pada siswa kelas Kelas V SD Inpres Hartaco Indah Kota Makassar. Penelitian merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus mengikuti langkah-langkah seperti perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dan jika masalahnya belum terpecahkan dalam satu siklus kegiatan maka dapat dilanjutkan pada siklus berikutnya. Penelitian perbaikan pembelajaran ini menggunakan objek penelitian yang menjadi sasaran dalam penelitian ini adalah siswa kelas Kelas V SD Inpres Hartaco Indah sebanyak 33 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan membaca puisi melalui penerapan metode demonstrasi pada siswa kelas Kelas V SD Inpres Hartaco Indah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar pada siklus II dengan rata-rata 80,00 (80%) jauh lebih besar dibandingkan dengan hasil belajar pada siklus I dengan rata-rata 69,00 (69%) dalam kemampuan membaca puisi dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Walaupun diakui bahwa penerapan metode pembelajaran ini belum maksimal karena keterampilan dasar membaca siswa masih kurang. Penelitian ini dapat dilakukan kembali dengan skop yang lebih besar pada lokasi yang lain sehingga hasilnya dapat lebih menyakinkan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cjpe

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

The focus of this journal is primary education, which covers related aspects such as students, teachers, teaching materials, evaluation and assessment, curriculum, and lesson ...