Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya anak-anak di TPA yang masih belum mengerti cara membaca Alqur’an dengan baik dan benar, serta tidak pernah belajar mengenai ilmu tajwid. Jika sejak dini belum bisa membaca Al-Qur’an sesuai ilmu tajwid, maka akan sulit juga Ketika besar memahami hukum-hukum bacaan yang ada di dalam Al-Qur’an. Oleh karena itu, mahasiswa KKN mengadakan pembelajaran mengenai tajwid yang memakai metode yang menyenangkan dan memudahkan anak dalam membaca Al-Qur’an yaitu metode nyanyian. Tujuan penelitian ini adalah membantu anak-anak didik dalam memahami ilmu tajwid yang terkesan sulit untuk di pelajari dan untuk mempermudah penyampaian materi kepada anak didik sehingga anak didik akan dengan mudah menangkap materi yang diberikan oleh guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan metode nyanyian dapat membuat anak-anak lebih antusias dan tidak mudah bosan untuk mengetahui tentang ilmu tajwid dan pembacaan yang baik dan benar saat membaca Al-Qur’an.
Copyrights © 2023