Indonesian Journal of Library and Information Science (IJLIS)
Vol. 5 No. 2 (2024): Indonesian Journal of Library and Information Science

MOTIVASI PENGGUNAAN CHATGPT OLEH MAHASISWA ILMU PERPUSTAKAAN UIN AR-RANIRY BANDA ACEH

Adan, Asnawi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Tulisan ini berjudul "Motivasi Penggunaan Platform ChatGPT oleh Mahasiswa Ilmu Perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh." Penelitian ini tentang motivasi mahasiswa Ilmu Perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh dalam menggunakan platform ChatGPT untuk pencarian informasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa Prodi Ilmu Perpustakaan memiliki berbagai motivasi dalam memanfaatkan ChatGPT, yaitu: Mahasiswa merasa termotivasi menggunakan ChatGPT saat mereka berada dalam kondisi fisik yang nyaman dan memiliki akses internet yang stabil, menjadikan platform ini alat bantu yang efektif dalam pencarian informasi; Mahasiswa selalu memverifikasi dan memastikan kebenaran informasi dari ChatGPT sebelum digunakan; ChatGPT mendukung kolaborasi jarak jauh dengan menyediakan informasi relevan, memperkuat kontribusi individu dalam tugas kelompok, dan memotivasi pengguna untuk lebih aktif serta produktif dalam kegiatan akademik; Mahasiswa merasa lebih percaya diri dalam mengakses dan menganalisis informasi yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas kuliah; Mempercepat akses informasi mahasiswa ke informasi berkualitas dan mendukung pengembangan keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini menegaskan bahwa Penggunaan ChatGPT memberikan dampak positif bagi mahasiswa dalam konteks akademik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ijlis

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Library & Information Science Social Sciences Other

Description

Indonesian Journal of Library and Information Science (IJLIS) contains articles written from research and study reports on Information and Library Science. Indonesian Journal of Library and Information Science is published twice annually (June and December) by the journal editors from the Library ...