RESEARCH AND DEVELOPMENT JOURNAL OF EDUCATION (RDJE)
Vol 11, No 2 (2025)

PENDEKATAN DEEP LEARNING DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI TERHADAP PENGUATAN KARAKTER SISWA SMA

Panigoro, Meyko (Unknown)
Maruwae, Abdulrahim (Universitas Negeri Gorontalo)
Koniyo, Rierind (Universitas Negeri Gorontalo)
Giasi, Devita (Universitas Negeri Gorontalo)
Lipuo, Sri Debi Yanti (Universitas Negeri Gorontalo)
Lamusu, Fadhilah (Universitas Negeri Gorontalo)
Ajis, Pendi (Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
27 Oct 2025

Abstract

Di era digital, teknologi kecerdasan buatan semakin berkembang pesat dan telah merambah berbagai aspek kehidupan termasuk pendidikan. Namun, penerapan teknologi ini masih jarang dikaji dalam konteks penguatan karakter siswa, terutama di tingkat sekolah menengah atas yang menerapkan pembelajaran deep learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana penerapan deep learning berdampak pada penguatan karakter siswa di SMAN 1 Tilango Gorontalo. Studi ini menggunakan metode kuantitatif dan melibatkan 60 siswa dari kelas XI dalam satu kelompok pretest-posttest. Knowledge of Morality, Moral Feelings, and Moral Action adalah tiga indikator yang digunakan untuk mengumpulkan data. Pengaruh pembelajaran mendalam terhadap karakter siswa ditentukan melalui analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana dan uji sampel t-paired. Hasil uji sampel t-paired menunjukkan nilai signifikansi yang menunjukkan perbedaan signifikan antara pretest dan posttest. Penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran mendalam berpengaruh besar terhadap penguatan karakter siswa di sekolah menengah atas. Model pembelajaran berbasis deep learning dapat menjadi alternatif strategi pembelajaran yang tidak hanya meningkatkan aspek kognitif, tetapi juga membentuk karakter positif siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

RDJE

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

RDJE: Research and Development Journal of Education (ISSN 2657-1056 for the electronic version and ISSN 2406-9744 for the print version) first published in Oct 2014 is a double-blind peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing articles concerned with ...