Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin
Vol. 7 No. 1 (2023): Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin

Rancangan Inovasi Pendidikan Pada Pembelajaran Terbalik Di Institut Dirosat Islamiyah (IDIA) Al-Amien Prenduan Sumenep

Fathorrahman, Fathorrahman (Unknown)
Hasanah, Uswatun (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan belajar santri dengan kemandirian belajar melalui model pembelajaran terbalik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Dalam penelitian ini dilaksanakan dengan 1 siklus yang terdiri dari 4 perencanaan, pelaksanaan, reflesi dan observasi. Adapun jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan sumber mahasantri semester 4 di lokasi penelitian IDIA Prenduan, dan data yang didapat melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini bahwasanya santriwati lebih giat lagi dalam melaksanakan tugas yang diberikan guru, dan lebih semangat lagi untuk melaksanakan diskusi, merangkum, bertanya bahkan  memahami sendiri dari makna yang belum diketahui. Sehingga hal ini dapat disimpulkan bahwasanya merancang inovasi pendidikan pada pembelajaran terbalik pada mahasantri IDIA Prenduan telah berhasil dan dapat digunakan pada pembelajaran selanjutnya dengan menyesesuaikan RPP yang ada

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jipmht

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Inovasi Pendidikan merupakan jurnal yang berisi tentang artikel ilmiah dalam bidang ilmu pendidikan yang dilakukan oleh dosen maupun mahasiswa serta para ...