Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi implementasi Metaverse Educational Environment (MEEV) dalam konteks sejarah Kerajaan Indonesia sebagai strategi pendidikan inovatif yang dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan partisipan sebanyak 30 siswa tingkat Sekolah Dasar (SD), yang terbagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, masing-masing terdiri dari 15 siswa. Penelitian ini dilakukan melalui tahap pre-test dan post-test guna mengukur pengaruh MEEV terhadap minat dan prestasi belajar siswa. Hasil analisis menggunakan ANCOVA menunjukkan bahwa implementasi MEEV secara signifikan meningkatkan minat belajar siswa dalam sejarah Kerajaan Indonesia, tetapi tidak ada perbedaan signifikan dalam prestasi belajar. Temuan ini memiliki implikasi penting dalam pengembangan pendidikan berbasis teknologi dan berkontribusi pada pemahaman lebih lanjut mengenai potensi Metaverse dalam konteks pembelajaran sejarah.
Copyrights © 2024