Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial
Vol. 4 No. 3 (2025): JUPEIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial

Kolaborasi Social Emotional Learning (SEL) dan Experiential Learning: Dampaknya Terhadap Keterlibatan Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas

Ekahidayatullah, M. (Unknown)
Azriansah, Muhammad (Unknown)
Juryatina, Juryatina (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2025

Abstract

Keterlibatan belajar siswa merupakan faktor kunci dalam efektivitas proses pendidikan, namun data nasional dan lokal menunjukkan tingkat keterlibatan yang masih rendah, terutama di wilayah non-perkotaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh kolaborasi pendekatan Social Emotional Learning (SEL) dan Experiential Learning terhadap keterlibatan belajar siswa SMA. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi-experimental dengan model non-equivalent control group design, melibatkan dua kelas XI IPA di SMA Negeri 3 Bolo, masing-masing berjumlah 30 siswa. Kelompok eksperimen menerima perlakuan pembelajaran berbasis kombinasi SEL dan experiential learning, sementara kelompok kontrol mengikuti pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan melalui angket keterlibatan belajar, lembar observasi, dan wawancara, kemudian dianalisis menggunakan uji-t independen, analisis tematik, dan triangulasi data. Hasil menunjukkan bahwa rata-rata skor keterlibatan belajar siswa kelompok eksperimen (M = 72.63) secara signifikan lebih tinggi dibanding kelompok kontrol (M = 68.27), dengan nilai signifikansi p = 0.005 dan effect size (Cohen’s d) sebesar 0.71. Observasi menunjukkan peningkatan keterlibatan, terutama pada dimensi perilaku dan emosional. Wawancara mengungkapkan bahwa siswa merasa lebih termotivasi, nyaman, dan mampu mengelola emosi selama pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

JUPEIS : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial menerbitkan artikel ilmiah pendidikan dan ilmu sosial berdasarkan hasil penelitian dan hasil kajian pustaka. Jurnal ini menggunakan Bahasa Indonesia dan bahasa inggris. Terbit 4 kali setiap tahun pada bulan Januari, Maret, Juli, dan ...