Georeference: Jurnal Kajian Ilmu dan Pembelajaran Geografi
Vol 3, No 2 (2025)

Hubungan Minat Belajar dan Sikap Terhadap Hasil Belajar Geografi Pada Siswa Kelas X SMAN 2 Sukadana

Amelia, Amelia (Unknown)
Buwono, Sri (Unknown)
Adlika, Nur Meily (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Nov 2025

Abstract

Riset berikut menelaah keterkaitan diantara minat belajar serta sikap siswa dengan hasil belajar mereka pada mata pelajaran Geografi. Terdapat tiga fokus utama kajian, yakni: (1) hubungan diantara minat belajar serta hasil belajar, (2) hubungan diantara sikap serta hasil belajar, serta (3) pengaruh gabungan kedua variabel tersebut atas hasil belajar. Subjek penelitian berjumlah 62 siswa dari kelas XA serta XB di SMAN 2 Sukadana, Kabupaten Kayong Utara. Data dikumpulkan melalui kuesioner berisi 20 butir pernyataan yang mewakili indikator minat belajar serta sikap. Proses analisis melibatkan uji normalitas, uji homogenitas, serta uji korelasi Product Moment Pearson. Berlandaskan uji Kolmogorov–Smirnov, didapat nilai signifikansi senilai 0,96 yang melebihi batas 0,05 hingga data dinyatakan berdistribusi normal; akibatnya hipotesis alternatif diterima serta hipotesis nol ditolak. Uji homogenitas menghasilkan nilai signifikansi 0,367 serta 0,494 keduanya diatas 0,05 yang bermakna kedua kelompok sampel memiliki varians yang homogen. Temuan penelitian mengungkapkan bahwasanya minat belajar (X1) berpengaruh signifikan atas hasil belajar (Y), sedangkan sikap (X2) tidak mengindikasi pengaruh signifikan. Meskipun demikian, ketika kedua variabel (X1 serta X2) diuji secara simultan, keduanya bersama-sama terbukti memiliki korelasi yang signifikan dengan pencapaian belajar Geografi siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

georeference

Publisher

Subject

Humanities Earth & Planetary Sciences Education Environmental Science Social Sciences

Description

Georeference: Jurnal Kajian Ilmu dan Pembelajaran Geografi is an open access, and peer-reviewed journal. This journal publishes a scientific paper on the results of the study and review of the literature. The scope of this journal includes, but is not limited to: Education, Natural and Applied ...