Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 4 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

Efektivitas Pendekatan Teaching At The Right Level (TaRL) Berbantuan Aplikasi Canva dalam Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa Kelas X SMA N 5 Semarang

Khaerunisa, Indah (Unknown)
Nizaruddin, Nizaruddin (Unknown)
Al Ashari, Shoib Rizal (Unknown)
Ariyanto, Lilik (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jul 2024

Abstract

Artikel ini menjelaskan tentang efektivitas pendekatan TaRL (Teaching at The Right Level) berbantuan aplikasi Canva dalam meningkatkan kemampuan numerasi siswa kelas X. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif pre-eksperimental dengan teknik pengambilan sampel purposive random sampling, melalui desain one group pretest posttest design. Subjek penelitian ini melibatkan siswa kelas X-2 SMA N 5 Semarang. Penelitian ini menggunakan instrumen hasil nilai pretest-posttest  siswa yang digunakan untuk mengukur kemampuan numerasi. Hasil pretest  diperoleh rata-rata yaitu 60,67. Selanjutnya, peneliti memberikan perlakuan dengan penerapan pendekatan TaRL berbantuan aplikasi Canva didapatkan rata-rata nilai posttest yaitu 77,78. Hasil analisis uji-t didapatkan  bahwa  terdapat  perbedaan  yang  signifikan antara  hasil pretest dan posttest. Selain itu, nilai N-Gain juga tergolong dalam kriteria efektif 0,70 > g ≥ 0,30 dalam kategori sedang yaitu senilai 0,5007. Maka dengan demikian berarti terdapat efektivitas dalam meningkatkan kemampuan numerasi siswa sesudah menerapkan pendekatan TaRL berbantuan aplikasi Canva.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...