Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 4 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

Developing Learning Material Based on Emancipated Curriculum for 12th Grade of Senior High School in The Second Semester

Ambarini, Putu Citra (Unknown)
Nitiasih, Putu Kerti (Unknown)
Budiarta, Luh Gd Rahayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengembangan materi pembelajaran berbasis kurikulum kelas XII SMA semester kedua. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengembangan materi pembelajaran dengan menggunakan metode kuisioner kepada perwakilan siswa di dua sekolah, (Sekolah A) dan (Sekolah B) kuisioner disebar melalui google form didapatkan hasil bahwa sekolah A kelas 12 sebagai subjek penelitian didominasi oleh pembelajaran auditori oleh karena itu, siswa kelas 12 sekolah A lebih dominan gaya belajar pendengeran. Sementara itu nilai sekolah B berada di bawah. Berdasarkan hasil angket dibereikan peneliti pada sekolah B, terdapat dua kelas dengan siswa pada setiap kelasnya, sehingga jumlah responden sebanyak 66 siswa. Persentase gaya belajar di sekolah A adalah auditori (33%), baca/tulis (25%), kinestetik (22%), dan visual (19%). Evaluasi materi pembelajaran oleh ahli dan melakukan perbaikan langkah ini merupakan akhir dari ADDE dan dianggap sebagai langkah penutup dalam penelitian pengembangan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...