Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 4 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

Efektivitas Model Pembelajaran Contextual Learning (CL) dengan Metode Diskusi Kelompok dalam Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa SMP Kelas 8 dalam Mata Pelajaran IPA di SMP Darul Hadits Cikole Kabupaten Bandung Barat

Khadijah, Ifah (Unknown)
Setyadien, Ilhaq (Unknown)
Herdiansyah, Tri Hendri (Unknown)
Ruswandi, Ruswan (Unknown)
Rahman, Dede Abdul (Unknown)
Ma'arif, Syamsul (Unknown)
Suryati, Yuli (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Aug 2024

Abstract

Secara umum, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa SMP kelas 8 dalam mata pelajaran IPA melalui penerapan model pembelajaran Contextual Learning (CL) dengan metode diskusi kelompok di SMP Darul Hadits Cikole Kabupaten Bandung Barat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan desain pra-eksperimen kelompok dua (two-group pretest-posttest design). Dari penelitian ini disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Contextual Learning (CL) dengan metode diskusi kelompok terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa SMP kelas 8 dalam mata pelajaran IPA di SMP Darul Hadits Cikole Kabupaten Bandung Barat. Hal ini dibuktikan dengan adanya perbedaan yang signifikan antara skor keterampilan kolaborasi siswa kelompok eksperimen (yang menerapkan model pembelajaran CL dengan metode diskusi kelompok) dengan siswa kelompok kontrol (yang tidak menerapkan model pembelajaran CL dengan metode diskusi kelompok) setelah mengikuti proses pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...