Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 3 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research (Special Issue)

Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Siswa SD

Batubara, Diva Nurjannah (Unknown)
Palupi, Lola (Unknown)
Siahaan, Stevi Adinda (Unknown)
Mailani, Elvi (Unknown)
Manjani, Nurhudayah (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2024

Abstract

Ketidakmampuan siswa dalam mengikuti proses belajar secara optimal merupakan indikasi adanya kesulitan belajar. Penanganan yang cepat dan tepat dari pendidik sangatlah penting untuk mencegah hambatan dalam mencapai tujuan belajar yang maksimal. Penulisan artikel ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara menemukan Analisis Kesulitan belajar Matematika pada siswa SD dan memberikan penanganannya serta mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi Analisis kesulitan belajar Matematika pada siswa SD. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur dengan menganalisis beberapa buku, artikel/karya ilmiah dengan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil yaitu; a) Jenis kesulitan belajar matematika yang dialami siswa SD terbagi menjadi dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Adapun solusi yang dapat digunakan dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika pada Siswa SD yaitu: 1) Melakukan Diagnosis Kesulitan Belajar pada Siswa, 2) Memberikan Bimbingan Pembelajaran Remidial Matematika, 3) Menerapkan BDR dengan baik, 4) Mengoptimalkan Penggunaan IT dan 5) Pelaksanaan Kurikulum Ketahanan diri.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...