Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 4 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

Pendidikan Dalam Bingkai Syari’ah Islam

Sholihah, Hana Nurdiniyah (Unknown)
Roqib, Moh (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jul 2024

Abstract

Pendidikan Islam merupakan suatu ikhtiar yang menjadi bagian dari ajaran islam untuk mengarahkan manusia menjalani kehidupan sosial yang lebih baik dan mengantarkan manusia menjadi hamba Allah yang bertakwa. Syari’ah merupakan pedoman dan tuntunan bagi seluruh umat manusia untuk mengatur kehidupannya agar tercapai kemaslahatan umat. Tujuan Penelitian ini adalah untuk menetahui penerapan pendidikan yang berlandaskan syari’ah Islam. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif analisis. Adapaun teknik pengumpulan data dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka (Library Research). Sumber data penelitian ini adalah buku-buku dan artikel ilmiah yang berkaitan dengan pendidikan Islam dan Syari’ah Islam. Adapun hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa Agar tercapai tujuan pendidikan islam harus sesuai dengan prinsip dan karakter syaraiah islam, di antaranya sesuai dengan prinsip tauhid dan akhlak, prinsip kemaslahatan dan menjaga terjadinya kerusakan pada lima hal pokok yang menjadi sendi kehidupan umat islam, yang dikenal dengan istilah maqashid al-syari’ah, prinsip keadilan, prinsip persamaan dan pembebasan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...