Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 4 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

Pengaruh Penggunaan Media Pop Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran PPKn Kelas III Sekolah Dasar

Triani, Irga (Unknown)
Effendi, Darwin (Unknown)
Noviati, Noviati (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jul 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan media Pop Up Book pada pembelajaran PPKn berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas III Sekolah Dasar dibandingkan dengan hasil belajar siswa ketika tidak menggunakan media Pop Up Book. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas III SD Muhammadiyah Lebung Itam, dengan subjek berjumlah 30 siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data menggunakan pretest-posttest yang masing-masing terdiri dari 12 soal pilihan ganda. Uji prasyarat melalui uji normalitas menggunakan uji shapiro wilk. Hasil uji normalitas soal pretest sebesar 0,080 > 0,05 dan soal posttest sebesar 0,133 > 0,05 sehingga data dalam keadaan normal. Hasil analisis data menggunakan uji paired sample t-test berbantuan SPSS 25 dengan nilai 0,001 < 0,05. Jadi, Ha diterima yaitu terdapat pengaruh penggunaan media Pop Up Book terhadap hasil belajar siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...