Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 4 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

Analisis Komprehensif Terhadap Jenis-Jenis Evaluasi Pembelajaran Sekolah Dasar: Tinjauan Literatur

Sunaryati, Titin (Unknown)
Laelly, Tazkia Aisha (Unknown)
Febriyanti, Utari (Unknown)
Noviyanti, Noviyanti (Unknown)
Apriliani, Firda (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Aug 2024

Abstract

Dalam rangka mengukur dan meningkatkan kualitas pendidikan, evaluasi pengajaran merupakan komponen penting dalam proses pendidikan, khususnya di sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan analisis komprehensif tentang berbagai jenis evaluasi guru yang digunakan di sekolah dasar melalui tinjauan literatur. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini mencakup pengumpulan dan analisis data dari berbagai sumber yang relevan dan kredibel, termasuk jurnal akademis, buku, dan artikel. Jenis-jenis evaluasi yang dibahas dalam penelitian ini meliputi evaluasi formatif, sumatif, diagnostik, dan lain-lain. Tinjauan literatur menunjukkan bahwa penggunaan berbagai jenis evaluasi secara saling melengkapi dapat memberikan gambaran yang lebih komprehensif tentang kemampuan dan motivasi siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pemahaman dan penerapan yang tepat terhadap jenis-jenis evaluasi pembelajaran adalah esensial untuk mencapai tujuan pendidikan yang lebih efektif dan efisien di sekolah dasar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...