Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 4 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

Analisis Kemampuan Literasi Peserta Didik Kelas IV A Menggunakan Media Microsoft Sway pada Pembelajaran Bahasa Indonesia

Puspaningtyas, Sinta (Unknown)
Purnamasari, Veryliana (Unknown)
Hanum, Arfanny (Unknown)
Reffiane, Fine (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Aug 2024

Abstract

Kemampuan literasi peserta didik adalah salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilanĀ  proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan media Microsoft Sway dalam pengembangan kemampuan literasi peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan tiga subjek kelas IV A, dan teknik pengambilan sampel subjek menggunakan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Untuk menguji keabsahan data dilakukan triangulasi data dan sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media Microsoft Sway dapat memberikan dampak positif dan meningkatkan keterampilan membaca dan menulis siswa. Selama proses pembelajaran, siswa berpartisipasi dengan antusias dan aktif dalam pembelajarannya. Penelitian ini menunjukkan bahwa guru bisa lebih inovatif dan kreatif ketika menggunakan media pembelajaran digital, karena media pembelajaran yang menarik dapat membangkitkan semangat siswa untuk berpartisipasi dalam pembelajaran sehingga pembelajaran menjadi lebih efektif dan bermakna.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...