Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas lembaga pendidikan islam adalah menjalin kerja sama internasional dengan berbagai pihak. Namun dalam menjalin kerjasama internasional tersebut, terdapat tantangan dan hambatan yang dialami oleh lembaga pendidikan islam. Artikel ini bertujuan menganalisis tantangan yang dialami dalam melaksanakan kerjasama internasional pada SMA AL Azhar 4 Kemang. Penelitian ini dilakukan dengan kualitatif. Penelitian ini dilakukan pada SMA AL Azhar 4 Kemang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi mengenai proses pembelajaran penggunaan media digital yang dipakai dalam pembelajaran.Observasi dilakukan dengan melihat bentuk media digital yang digunakan guru dan siswa dalam proses belajar mengajar, selanjutnya untuk memperdalam data di lapangan juga digunakan FGD (Focus Group Discussion)yang diperlukan sebagai data pendukung penelitian. Selain itu, peneliti juga mengalisis dokumen, seperti dokumen tertulis, gambar, karya dan elektronik. Berdasarkan temuan penelitian, dapat disimpulkan bahwa hambatan yang dialami oleh SMA AL Azhar 4 Kemang terletak pada aspek manajemen organisasi masing-masing lembaga pendidikan Islam dan dikombinasikan oleh Kemendikbudristek yang belum menjalankan perannya dengan maksimal. Faktor minimnya koordinasi antar lembaga pendidikan islama menambah hambatan yang terjadi saat melakukan kerja sama internasional Selain itu, faktor pendanaan juga menjadi penghambat kerja sama Internasional.
Copyrights © 2024