Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 6 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

Analisis Kesalahan Siswa Kelas IX MTs Pondok Pesantren Tahfidz Al-Faiz dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Pada Materi Bangun Datar Segitiga Berdasarkan Prosedur Newman: indonesia

Aini, Putri Nur (Unknown)
Siti Zahra Sabila (Unknown)
Pardosi, Yesika TS (Unknown)
Fauzi, Muhammad Amin (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan berbagai bentuk kesalahan yang dilakukan oleh siswa/i dalam menyelesaikan soal matematika terkait materi bangun datar segitiga. Penelitian deskriptif kualitatif ini melibatkan 21 siswa kelas IX MTS Pondok Pesantren Tahfizh Al-Faiz, dengan data yang dikumpulkan melalui dua soal uraian tertulis. Analisis data dilakukan menggunakan Analisis Newman, dengan mencakup lima tahap bentuk kesalahan: Membaca teks soal, memahami maksud soal, mentransformasikan soal, melakukan langkah perhitungan, dan menyajikan jawaban akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 35,7% siswa melakukan bentuk kesalahan pada tahap membaca dan memahami teks soal, 42,8% mengalami kesulitan dalam mentransformasikan soal, 52,3% membuat kesalahan dalam perhitungan, dan 85,7% keliru dalam menyajikan jawaban akhirnya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...