Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 6 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

Analisis Wacana Kritis Model Teun A. Van Dijk “Ibas Dukung Pembelajaran Coding di Sekolah untuk Mengejar Ketinggalan”

Zahro, Fatimatus (Unknown)
Wahyuningsih, Ragil Sri (Unknown)
Anggrestia, Nada Vanca (Unknown)
Widigda, Aditiya Nata (Unknown)
Jayanti, Rani (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini mengkaji teks berita "Ibas Dukung Pembelajaran Coding di Sekolah: Untuk Mengejar Ketinggalan" menggunakan analisis wacana kritis Teun A. Van Dijk. Tujuan penelitian ini yaitu mengungkap bagaimana struktur makro, superstruktur, dan mikro membentuk representasi realitas sosial, khususnya dalam isu modernisasi pendidikan dan kesenjangan sosial. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan data primer berupa artikel berita dari Detiknews. Hasil analisis menunjukkan bahwa teks berita secara sistematis mengorganisasikan informasi untuk menekankan pentingnya pembelajaran coding dalam mengatasi ketertinggalan teknologi dan mengurangi kesenjangan sosial. Penelitian ini menegaskan bahwa wacana media memainkan peran signifikan dalam membentuk opini publik dan mendukung kebijakan pendidikan berbasis teknologi. Studi lanjutan dapat mengeksplorasi isu serupa di berbagai platform media untuk memperluas perspektif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...