Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 5 No. 2 (2025): Innovative: Journal Of Social Science Research

Analisis Tantangan dan Strategi Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran IPA di SD

Ruliandari, Latifa (Unknown)
Sari, Maya (Unknown)
Nopitasari, Nopitasari (Unknown)
Alfiana, Rinta (Unknown)
Shafitri, Novia Mahera (Unknown)
Khoirunnisa, Khoirunnisa (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tantangan dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar serta mengeksplorasi strategi yang dapat meningkatkan efektivitasnya. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi pustaka dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menghadapi berbagai kendala, seperti keterbatasan sarana dan prasarana, rendahnya literasi sains siswa, serta keterampilan pedagogis yang belum sepenuhnya mendukung pembelajaran kontekstual dan berpusat pada siswa. Untuk mengatasi hal tersebut, strategi yang digunakan meliputi pemanfaatan media dan alat peraga sederhana, penerapan pembelajaran berbasis proyek, dan penggunaan teknologi. Selain itu, pelatihan dan pengembangan profesional guru menjadi kunci dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran. Dengan strategi yang tepat, pembelajaran IPA di sekolah dasar dapat menjadi lebih interaktif, menyenangkan, dan bermakna sesuai dengan semangat Kurikulum Merdeka.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...