Pendidikan Pancasila pada abad 21 dalam membentuk sikap nasionalisme adalah bentuk reorientasi penerapan pendidikan Pancasila pada ranah kontekstualisasi. Penerapan ini memberikan dampak dalam pengajaran yang kritis, adaptif dan responsif terhadap teori dan pengalaman nyata untuk membentuk semangat kebangsaan atau nasionalisme. Penelitian ini dilakukan Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan fokus pada studi literatur. Data yang digunakan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui studi Pustaka. Analisis data yang dilakukan dengan tahapan pengumpulan data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Melihat hasil analisis terdapat penemuan tentang pendidikan Pancasila pada abad 21 untuk dapat membentuk sikap nasionalisme harus mengubah paradigmanya menjadi basis kontekstual. Ada beberapa dampak yang ditemukan yaitu pemikiran kritis, terbuka dan analitis. Dari aspek pengajaran akan memberikan pengalaman belajar yang adaptif dan responsif. Pembentukan sikap nasionalisme di internalisasikan melalui pendekatan pendidikan Pancasila yang berlangsung berbasis kontekstual. Strategi yang inovasi, adaptif, dan responsive terhadap perkembangan zaman sangat membantu untuk masuk pada ranah generasi muda saat ini. Generasi muda dewasa ini tidak bisa lagi diberikan pemahaman dengan menggunakan metode tempo lalu. Pengajaran perlu disesuaikan dengan kondisi, situasi dan karakteristik generasi zaman sekarang. Sehingga pengajaran pendidikan Pancasila abad 21 dapat membentuk sikap nasionalisme.
Copyrights © 2025