Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 5 No. 2 (2025): Innovative: Journal Of Social Science Research

Filsafat Pendidikan Sejarah: Telaah Ontologi, Epistimologi, dan Aksiologi

Bustan, Bustan (Unknown)
Sinring, Abdullah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Kajian tentang filsafat pendidikan sejarah menjadi penting untuk memperdalam pemahaman tentang hakikat, dan tujuan dari pembelajaran sejarah. Tulisan ini membahas tiga dimensi utama dalam filsafat tentang ontologi, epistemologi, dan aksiologi dalam pendidikan sejarah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan basis kajian pustaka. Sumber data berasal dari literatur ilmiah yang relevan. Proses pengumpulan data dilakukan secara sistematis. Analisis data bersifat konseptual tematik, berfokus pada membedah literatur berdasarkan tiga filosofis utama yakni; ontologis, epistimologi, dan aksiologi. Telaah ontologis menyoroti eksistensi sejarah sebagai ilmu dan sebagai peristiwa yang bermakna. Sisi epistemologis, tentang bagaimana sejarah diperoleh, direkonstruksi, dan divalidasi. Kemudian perspektif aksiologis, membahas nilai-nilai yang terkandung dalam pembelajaran sejarah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...