Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 5 No. 3 (2025): Innovative: Journal Of Social Science Research

Baliho Media Personal Branding Caleg Pemanfaatan Baliho Sebagai Media Iklan Kampanye Untuk Personal Branding Calon Legislatif Rinto Subekti Tahun 2024

Chumaeson, Wahyuning (Unknown)
Setiawan, Topan (Unknown)
Aryo Putro, Fanny Hendro (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi branding politik "Rinto Subekti" melalui media luar ruang (baliho) dalam Pemilu Legislatif 2024 di Daerah Pemilihan VI Jawa Tengah. Penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif dengan fokus pada analisis isi baliho dan wawancara dengan tim kampanye "Rinto Subekti". Hasil penelitian menunjukkan bahwa "Rinto Subekti" menggunakan strategi branding politik yang efektif melalui media luar ruang (baliho) dan political public relations untuk meningkatkan kesadaran dan dukungan masyarakat. Penggunaan baliho sebagai media luar ruang dinilai efektif dalam menjangkau masyarakat yang mayoritas tinggal di pedesaan. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa "Rinto Subekti" berhasil mendapatkan 122.943 suara by name dan total suara Partai Demokrat 180.997, sehingga menjadi peringkat ke lima dari tujuh kursi yang ada di Dapil VI Jawa Tengah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...