LEMMA: Letters Of Mathematics Education
Vol 3, No 2 (2017): LEMMA : Letters of Mathematics Education

DESKRIPSI PERSEPSI DOSEN DAN MAHASISWA TERHADAP BAHAN AJAR ALJABAR LINEAR ELEMENTER

Mardiyah, Ainil (Unknown)
Rahmi, Rahmi (Unknown)
Juwita, Ratulani (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2017

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya mahasiswa yang memperoleh nilai yang rendah (C, D, E) pada mata kuliah Aljabar Linier Elementer dengan persentase 32, 86 %. Rendahnya kemampuan mahasiswa dalam memahami materi pada buku teks, tidak termotivasi untuk belajar mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji permasalahan yang dimiliki mahasiswa dalam memahami buku teks yang digunakan pada mata kuliah Aljabar Linier Elementer. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif melalui hasil wawancara kepada dosen pengampuh mata kuliah Aljabar Linier dan beberapa mahasiswa yang dipilih secara acak. Hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa bahasa buku teks yang digunakan belum komunikatif dan interaktif, sehingga untuk memahami suatu materi mahasiswa selalu menunggu penjelasan dari dosen sehingga peluang mahasiswa untuk memperoleh dan mengembangkan pengetahuan mereka sangat kecil. Salah satu upaya membangkitkan motivasi belajar mahasiswa terutama dalam memahami materi secara mandiri adalah dengan memfasilitasi mahasiswa dengan bahan ajar pendukung berupa Lembar Kegiatan Mahaiswa (LKM) Berbasis penemuan Terbimbing. LKM  Berbasis penemuan Terbimbing merupakan bahan ajar yang dapat menuntun dan membimbing mahasiswa dalam memahami materi serta melatih pola pikir yang aktif dan kritis. Kata Kunci : Aljabar Linier Elementer, LKM

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jurnal-lemma

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of LEMMA is a journal of mathematics education result written by all academics such as teacher, lecturer, researcher who has done peneitian in mathematics education. ...