Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Vol. 4 No. 2 (2024): EduTIK : April 2024

Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil belajar Teknologi Jaringan Berbasis Luas Siswa Kelas XI TKJ SMK Negeri 2 Manado

Kaseger, Dirga (Unknown)
Sumayku, James (Unknown)
Liando, Olivia Eunike Selvie (Unknown)
Pardanus, Rudy Harijadi Wibowo (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2024

Abstract

Dalam proses belajar mengajar, keberhasilan peserta didik sangat ditentukan oleh cara guru mengajar serta bagaimana guru menerapkan model pembelejaran yang tepat. Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dapat meningkatkan Hasil Belajar Teknologi Jaringan Berbasis Luas Siswa Kelas XI SMK N 2 Manado. Metode Penelitian ini menggunakan Metode Penelitan Tindakan Kelas menggunakan 2 siklus. Subjek peneltian adalah siswa kelas XI SMK N 2 Manado sedangkan hasil belajar diambil dari nilai rata-rata mata pelajaran Teknologi Jaringan. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan : (1) ada peningkatan hasil belajar Teknologi Jaringan Berbasis Luas Siswa Kelas XI SMK N 2 Manado dengan menerapkan model pembelajaran Berbasis Masalah (2) peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari ketuntasan belajar pada siklus 1 yaitu 51,61% dengan rata-rata 73,5 naik pada siklus II menjadi 87,09% dengan rata-rata 86,7.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

edutik

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Education Electrical & Electronics Engineering Other

Description

Jurnal Edutik merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado. Jurnal ini hadir sebagai wadah bagi para akademisi, peneliti, dan praktisi untuk mempublikasikan hasil penelitian yang berkontribusi dalam ...