Dalam proses belajar mengajar, keberhasilan peserta didik sangat ditentukan oleh cara guru mengajar serta bagaimana guru menerapkan model pembelejaran yang tepat. Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dapat meningkatkan Hasil Belajar Teknologi Jaringan Berbasis Luas Siswa Kelas XI SMK N 2 Manado. Metode Penelitian ini menggunakan Metode Penelitan Tindakan Kelas menggunakan 2 siklus. Subjek peneltian adalah siswa kelas XI SMK N 2 Manado sedangkan hasil belajar diambil dari nilai rata-rata mata pelajaran Teknologi Jaringan. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan : (1) ada peningkatan hasil belajar Teknologi Jaringan Berbasis Luas Siswa Kelas XI SMK N 2 Manado dengan menerapkan model pembelajaran Berbasis Masalah (2) peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari ketuntasan belajar pada siklus 1 yaitu 51,61% dengan rata-rata 73,5 naik pada siklus II menjadi 87,09% dengan rata-rata 86,7.
Copyrights © 2024