Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Vol 9 No 4 (2025): April 2025

Pengaruh Model Kooperatif Teams Games Tournament terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Platform Gamifikasi pada Mata Pelajaran Informatika di SMK Yapalis Krian

Wulandari, Nurma Cici (Unknown)
Herlambang, Admaja Dwi (Unknown)
Afirianto, Tri (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jan 2025

Abstract

Pembelajaran merupakan proses interaksi antar peserta didik dengan lingkungannya, yang menghasilkan perubahan ke arah yang lebih baik, baik dalam hasil belajar maupun perilaku. Implementasi model pembelajaran yang mengikutsertakan partisipasi aktif siswa diperlukan agar semangat belajar dapat ditingkatkan, sehingga salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan adalah teams games tournament (TGT). Tujuan penelitian yang dilakukan untuk menganalisis pengaruh implementasi metode TGT dengan menggabungkan elemen gamifikasi dengan menggunakan aplikasi Quizalize terhadap hasil belajar siswa. Hasil belajar mencangkup tiga aspek yakni kognitif, psikomotorik, dan afektif. Metode penelitian menggunakan weak experiment static group pretest-posttest. Penelitian dilakukan di SMK Yapalis Krian dengan teknik purposive sampling. Kelas yang terlibat dalam penelitian yaitu kelas X TKJ 1 dan kelas X TKJ 2 dengan masing-masing terdiri dari 32 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, kuesioner, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode TGT dengan menggabungkan elemen gamifikasi memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar pada ranah kognitif, psikomotorik, dan afektif. Hasil perhitungan effect size menunjukkan implementasi TGT terhadap hasil belajar kognitif berpengaruh sangat besar dengan perolehan skor effect size 1,151. Pada aspek psikomotorik didapatkan berpengaruh sedang dengan hasil 0,697 juga berpengaruh sedang pada aspek afektif dengan perolehan hasil effect size sebesar 0,688 .

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

j-ptiik

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Education Electrical & Electronics Engineering Engineering

Description

Jurnal Pengembangan Teknlogi Informasi dan Ilmu Komputer (J-PTIIK) Universitas Brawijaya merupakan jurnal keilmuan dibidang komputer yang memuat tulisan ilmiah hasil dari penelitian mahasiswa-mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya. Jurnal ini diharapkan dapat mengembangkan penelitian ...