Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi niat (behavioral intention) dan perilaku penggunaan (use behavior) aplikasi mobile banking BYOND by BSI di kalangan mahasiswa Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Penelitian ini menggunakan kerangka kerja UTAUT2 yang dimodifikasi dengan penambahan variabel user satisfaction. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner yang melibatkan 195 mahasiswa pengguna BYOND. Data dianalisis menggunakan metode Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil analisis menunjukkan bahwa user satisfaction, price value, dan facilitating conditions berpengaruh positif dan signifikan terhadap behavioral intention. Sementara itu, variabel performance expectancy, effort expectancy, social influence, hedonic motivation, dan habit tidak menunjukkan pengaruh signifikan terhadap niat. Adapun use behavior secara signifikan dipengaruhi oleh behavioral intention, habit, dan facilitating conditions. Temuan ini mengindikasikan bahwa niat menggunakan aplikasi lebih dipengaruhi oleh pengalaman nyata pasca-penggunaan, sedangkan perilaku aktual dipertahankan oleh kombinasi niat, kebiasaan, dan ketersediaan fasilitas pendukung. Hasil penelitian ini dapat dijadikan dasar strategi pengembangan layanan oleh Bank Syariah Indonesia dalam meningkatkan kepuasan dan loyalitas pengguna BYOND.
Copyrights © 2025