Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan LKPD Etnomatematika dari materi bangun datar, pengembangan tingkat untuk siswa kelas VII SMP NEGERI 2 PERBAUNGAN dan untuk menentukan kualitas LKD yang dikembangkan dilihat dari aspek-aspek yaitu kevalidan, kepraktisan, Peneliti menggunakan Research and development (R&D) dengan penggunaan model pengembangan ADDIE untuk digunakan dari kevalidan suatu produk yaitu Mengembangkan LKPD. Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sangat rendah di Indonesia. Sangat penting bagi siswa untuk memiliki kemampuan memecahkan masalah matematika. Namun, kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika sebenarnya sangat rendah di Indonesia karena kurangnya penerapan pembelajaran matematika yang kurang menarik. Tujuan penggunaan permainan Engklek untuk belajar matematika adalah agar siswa lebih mengenal mata pelajaran tersebut. Bentuk permainan Engklek yang memiliki tampilan datar agar lebih menarik bagi siswa untuk belajar. Kata Kunci. Etnomatematika, LKPD, Permainan Englek, Pemecahan Masalah Matematis Siswa.
Copyrights © 2023