Aktivitas pemecahan masalah sangat jarang disentuh guru dalam proses pembelajaran matematika di kelas. Salah satu faktor penyebabnya adalah kemampuan penalaran guru sekolah dasar yang masih rendah terhadap kemampuan pemecahan masalah. Keadaan ini akhirnya berdampak pada rendahnya kemampuan penalaran siswa yang dapat diketahui salah satunya melalui hasil PISA. Maka dari itu para guru sekolah dasar perlu dibekali untuk meningkatkan kemampuan penalaran melalui pendekatan problem solving berbasis open ended. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan pre-test and post-test group design. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah 29 guru sekolah dasar yang ada di kabupaten Bireuen yang dipilih secara acak berasal dari 10 sekolah dasar. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa ada perbedaan signifikan kemampuan penalaran guru sekolah dasar antara sebelum dan sesudah pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan problem solving berbasis open ended. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan problem solving berbasis open ended dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis guru sekolah dasar.
Copyrights © 2023