Delta-Pi : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol 13, No 2 (2024)

Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal hots berdasarkan teori newman pada materi sistem persamaan linear dua variabel

Cahyani, Lidya (Unknown)
Ariska, Rita (Unknown)
Sepriliani, Sisca Puspita (Unknown)
Erviana, Ria (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi berbagai jenis kesalahan yang dilakukan siswa serta faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan mereka dalam memecahkan soal HOTS, khususnya pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Dalam penelitian ini, menggunakan Metodologi penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitiannya yaitu siswa yang duduk pada kelas Xl SMA, Purposive sampling, atau pemilihan partisipan berdasarkan kriteria yang telah ditentukan, merupakan metodelogi yang dipakai untuk memilih subjek. Instrumen yang digunakan meliputi tes serta dokumentasi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pengerjaan berupa soal tes HOTS materi SPLDV, dimana siswa mengerjakan 3 soal untuk mengindentifikasikan jenis kesalahan yang siswa lakukan Ketika mengerjakan soal HOTS. Tiga tahap utama yang terlibat dalam analisis data deskriptif kualitatif: reduksi data, penyajian data, dan penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian yang didapat terdapat kesalahan dalam membaca soal sebesar 0%, kesalahan dalam memahami soal sebesar 26,92%, kesalahan transformasi sebesar 19,23%, kesalahan dalam proses sebesar 34,63%, dan kesalahan dalam menulis jawaban akhir sebesar 19,23%. Berdasarkan hasil penelitan dapat disimpulkan bahwa jenis kesalahan yang banyak terjadi Ketika siswa menyelesaikan soal yang diberikan yaitu kesalahan dalam proses sebesar 34,63%. Kata kunci : Analisis kesalahan, Newman, HOTS, SPLDV

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

deltapi

Publisher

Subject

Materials Science & Nanotechnology Mathematics

Description

Delta pi jurnal adalah jurnal yang memuat hasil penelitian pendidikan matematika dan matematika yang dipublikasi sebanyak 2 kali dalam setahun di bulan April dan Oktober di Program Studi Pendidikan Matematika Universitas ...