Puteri Hijau : Jurnal Pendidikan Sejarah
Vol. 9 No. 2 (2024): Puteri Hijau: Jurnal Pendidikan Sejarah

PENGARUH MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DISIPLIN GURU DAN MOTIVASI GURU TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN SAMATIGA KABUPATEN ACEH BARAT

Rahniar, Rita (Unknown)
Najmuddin, Najmuddin (Unknown)
Marisa, Riandi (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Pengaruh Manajerial Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru SD di Kecamatan Samatiga Kabupaten Aceh Barat, (2) Pengaruh Kedisiplinan guru terhadap Kinerja Guru SD di Kecamatan Samatiga Kabupaten Aceh Barat, (3) Pengaruh Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru SD di Kecamatan Samatiga Kabupaten Aceh Barat, dan (4) Pengaruh Manajerial Kepala Sekolah, Kedisiplinan guru dan Motivasi kerja terhadap Kinerja Guru SD di Kecamatan Samatiga Kabupaten Aceh Barat. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif, populasi 92 orang, subjek 92 orang, teknik simple random sampling dengan menggunakan teori penarikan sampel Sugiyono, teknik pengumpulan data kuesioner skala likert dan teknik pengolahan data regresi linier berganda. Temuan peneliti secara parsial diperoleh, (1) Melalui analisis regresi yang telah peneliti dilakukan diketahui bahwa manajerial kepala sekolah memberikan pengaruh yang positif terhadap kinerja guru dengan koefisien sebesar 0,003 atau 0,3% (dalam persentase). Hasil pengujian hipotesis menghasilkan nilai T hitung sebesar 2,673 lebih besar dari nilai T tabel 1,987. (2) Melalui analisis regresi linier yang sudah dilakukan dapat diketahui bahwa disiplin memberikan pengaruh yang positif terhadap kinerja guru dengan koefisien sebesar 0,042 atau 4,2% (dalam persentase). Besaran koefisien ini paling tinggi jika dibandingkan dengan koefisien lainnya. Hasil pengujian hipotesis menghasilkan nilai T hitung sebesar 3,955 lebih besar dari nilai T tabel 1,987. (3) Melalui analisis regresi yang telah peneliti dilakukan diketahui bahwa motivasi memberikan pengaruh yang positif terhadap kinerja guru dengan koefisien sebesar 0,016 atau 1,6% (dalam persentase). Hasil pengujian hipotesis menghasilkan nilai T hitung sebesar 2,531 lebih besar dari nilai T tabel 1,987. (4) Melalui analisis regresi yang sudah peneliti lakukan diketahui bahwa manajerial kepala sekolah, disiplin dan motivasi memberikan pengaruh yang positif terhadap kinerja guru dengan nilai constant sebesar 84.019. Adapun pengujian hipotesis menghasilkan nilai F hitung sebesar 67,558 dan f tabel adalah 2,708. Hal ini menunjukkan bahwa hasil pengujian hipotesis X1, X2 dan X3 terhadap Y yang diajukan dalam penelitian ini dinyatakan di terima, artinya manajerial kepala sekolah, disiplin dan motivasi berpengaruh terhadap kinerja guru.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ph

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Puteri Hijau: Jurnal Pendidikan Sejarah, merupakan media publikasi hasil penelitian guru, dosen dan peneliti bidang Pendidikan Sejarah, Ilmu Sejarah dan Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Puteri Hijau terbit per 6 (enam) bulan, Januari dan ...