MODELING: Jurnal Program Studi PGMI
Vol. 12 No. 3 (2025): September

Hubungan Aktivitas Bermain dengan Kecerdasan Sosial Emosional Anak Usia 4-5 Tahun di TK Assholihiyah Likok Lekong Desa Santong

Nurhaliza, Siti (Unknown)
Azmi, Khairul (Unknown)
Mariawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan aktivitas bermain dengan kecerdasan sosial emosional anak usia 4-5 tahun di TK Assholihiyah Likok Lekong Desa Santong. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan ex post facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh anak kelompok A TK Assholihiyah sebanyak 31 siswa, dan seluruh populasi dijadikan sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan angket aktivitas bermain dan angket kecerdasan sosial emosional. Uji validitas dan reliabilitas dilakukan dengan bantuan program SPSS 26. Analisis data dilakukan dengan regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara aktivitas bermain dengan kecerdasan sosial emosional anak usia 4-5 tahun. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi kualitas aktivitas bermain anak, semakin baik pula kecerdasan sosial emosional yang dimilikinya. Penelitian ini memberikan implikasi bagi pendidik dan orang tua untuk lebih mengoptimalkan aktivitas bermain anak sebagai sarana pengembangan aspek sosial emosional.

Copyrights © 2025