Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh pengetahuan produk, Religiusitas dan kelompok referensi terhadap keputusan pembelian produk berlabel halal pada masyarakat kota Langsa. jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode regresi linear berganda. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner dan observasi. Responden berjumlah 60 orang per kecamatan dari 5 kecamatan yang ada di kota Langsa. metode penarikan sampel menggunakan metode accidental random sampling. Pengujian dilakukan dengan menggunakan program SPSS. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa religiusitas dan kelompok referensi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk berlabel halal. Namun pengetahuan produk tidak berpengaruf signifikan terhadap keputusan pembelian produk berlabel halal. Kemudian variable pengetahuan produk, Religiusitas dan kelompok referensi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk berlabel halal. Dari hasil koefisien determinasi dihasilkan bahwa 20,0 % keputusan pembelian produk berlabel halal dipengaruhi oleh pengetahuan produk religiusitas dan kelompok referensi. Sementara 80,0% dipengaruhi oleh variable lain yang tidak diteliti dalam model penelitian iniKata Kunci: pengetahuan produk, religiusitas, kelompok referensi, produk berlabel halal
Copyrights © 2024