TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Vol. 5 No. 1 (2025)

PENGARUH PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MIND MAPPING TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN KREATIVITAS SISWA DALAM BELAJAR FISIKA

Sari, Maya (Unknown)
Hamid, Abdul (Unknown)
Ngadimin, Ngadimin (Unknown)
Wahyuni, Agus (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Mar 2025

Abstract

ABSTRACT In physics learning, concept mastery and student creativity are crucial factors that influence material comprehension and problem solving skills. However, these factors are often hindered by conventional teaching methods that lack interactivity. One strategy to overcome this issue is use of mind mapping. This research aims to determine the influence of learning using mind mapping on students' mastery of concepts and creativity in learning physics. The research method employed a quantitative approach with a one-group pretest-posttest design. Data collection techniques included tests and assessing students' creativity in mind mapping. The data analysis used normality as a prerequisite test, N-Gain test, and parametric test, specifically paired sample t-test using SPSS 18 for Windows. The research results showed that the calculated t-value was greater than the t-table value, specifically 8.356 > 2.079. Therefore, based on the testing criteria, the null hypothesis (H_o) was rejected. This implies that there is an influence of learning using mind mapping on the mastery of concepts. The N-Gain test results indicated a central tendency measure, with an average for the experimental group of 0.32, falling into the moderate category because 0.3 ? 0.32 < 0.7. Meanwhile, the analysis of the average creativity percentage showed an increase from the first meeting (61.5%) to 76.5%, with 19 out of 22 students scoring 75 or above, categorizing them as having high creativity (75%-100%). Based on the conducted research, it can be concluded that learning using mind mapping can influence the mastery of concepts and enhance students' creativity in learning physics. ABSTRAK Dalam pelajaran fisika, penguasaan konsep dan kreativitas siswa menjadi faktor yang sangat penting yang mempengaruhi pemahaman materi dan keterampilan pemecahan masalah. Tetapi faktor ini sering terhambat oleh metode pembelajaran konvensional yang kurang interaktif. Salah satu strategi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan mind mapping.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran menngunakan mind mapping terhadap penguasaan konsep dan kreativitas siswa dalam belajar fisika. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan bentuk one group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari tes dan kreativitas siswa dalam mind mapping. Analisis data penelitian menggunakan normalitas sebagai uji prasyarat, uji N-Gain dan uji parametrik yaitu uji paired sample t test menggunakan SPSS 18 for windows. Dari hasil penelitian, maka diperoleh bahwa nilai t hitung > dari t tabel yaitu 8,356 > 2,079. Sehingga berdasarkan kriteria pengujian diperoleh hasil tolak . Artinya ada pengaruh pembelajaran menggunakan mind mapping terhadap penguasaan konsep. Hasil uji N-Gain yang diperoleh yaitu ukuran tendensi sentral yang meliputi rata-rata untuk kelas eksperimen sebesar 0.32 dan termasuk dalam kategori sedang karena 0,3 ? 0,32 <0,7. Sedangkan untuk hasil analisis nilai rata-rata persentase kreativitas meningkat dari pertemuan pertama (61,5%) yaitu sebesar 76,5% dengan siswa yang mendapat nilai 75 keatas ada 19 siswa dari 22 siswa, nilai ini termasuk kategori kreativitas tinggi (75%-100%). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan mind mapping dapat mempengaruhi penguasaan konsep dan dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam belajar fisika.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

teaching

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini berisi artikel hasil pemikiran dan penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan keguruan dan ilmu ...