JPT : Jurnal Pendidikan Tematik
Vol 2 No 3 (2021): Desember

Pengaruh Pembelajaran Daring Melalui Whatsapp Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematka di SDN 79 Kota Bengkulu

Sundari, Rita (Unknown)
Ansyah, Edi (Unknown)
Sutrisno, Hengki (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2021

Abstract

Pembelajaran daring adalah merupakan sebuah inovasi pendidikan yang melibatkan unsur teknologi informasi dalam pembelajaran. Hasil belajar adalah kemampuan yang diperoleh anak setelah melalui kegiatan belajar. Belajar itu sendiri merupakan suatu proses dari seseorang yang berusaha untuk memperoleh suatu bentuk perubahan perilaku yang relatif menetap. Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pembelajaran daring melalui whatsapp terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di SD Negeri 79 Kota Bengkulu. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu pembelajaran sistem daring variabel (X) dan variabel terikat yaitu hasil belajar variabel (Y). Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dengan pendekatan ekspo facto. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah non-probability sampling. Sampel penelitian sebanyak 26 orang dari 102 orang populasi. Teknik pengambilan datanya yaitu angket dan dokumentasi teknik analisis data yang digunakan adalah uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji T diketahui bahwa nilai thitung = 5,127 dan nilai ttabel pada taraf signifikan α = 0,05 dan dk = 26-2 = 24, = 2,064 lebih besar dari rtabel, 5,127 ≥ 2,064, yang artinya nilai tersebut sginifikan dan ada hubungan atau pengaruh antara variabel X dan variabel Y yaitu sebesar 5,127. Sementara itu, persamaan regersi linier atau sumbangan pengaruh untuk variabel X (pembelajaran sistem daring) dan variabel Y (hasil belajar) dapat dilihat dari persamaan regresi linier. Dari hasil hitung, didapatkan nilai persamaan regersi linier sebesar -1,003

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpt

Publisher

Subject

Religion Chemistry Education Mathematics Other

Description

Focus and Scope JPT primary focus is on current themes within the scope of elementary education. The scope of the manuscripts includes research results, reflections, and critical reviews on: Education policies and regulation Curriculum Learning innovations, including: Study of teaching materials ...