Nautical: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia
Vol. 2 No. 9 (2023): Nautical: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia

Meta-analisis pengaruh model problem based learning terhadap keterampilan abad 21 siswa

Asiah, Sintya (Unknown)
Habibah, Rahmi (Unknown)
Asrizal, Asrizal (Unknown)
Fauzi, Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2023

Abstract

Kualitas pendidikan Indonesia diharapkan haruslah memenuhi keterampilan abad 21 yang akan menjadi bekal dalam menghadapi tantangan dan tuntutan zaman. Keterampialan tersebut antara lain yaitu keterampilan berpikir kritis (critical thinking), kreatif (creative), kalaborasi (callaboration) dan komunikasi (comunication)  atau biasa disebut dengan keterampilan 4C. Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa besar pengaruh yang diberikan oleh model problem based learning terhadap ketrampilan abad 21 ditinjau dari jenjang pendidikan, jenis bahan ajar terhadap hasil belajar peserta didik ditinjau dari ketrampilan 4C. Melalui meta analisis hasil effect size dengan 3 kategori pengelompokan, memiliki rata-rata nilai 1,72 yang dapat dikategorikan sangat tinggi. Berdasarkan pengelompokan tersebut, dapat diambil kesimpulan yaitu penerapan model problem based learning dalam pembelajaran memiliki pengaruh yang besar terhadap kertampilan 4C baik pada jenjang pendidikan dan materi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

nautical

Publisher

Subject

Religion Humanities Computer Science & IT Education Engineering

Description

1. Humanities and social sciences 2. Contemporary political science 3. Education science 4. Religion and philosophy 5. engineering science 6. Business and economy 7. cooperative 8. technology 9. HR Development 10. Design and media ...