Pertumbuhan tingkat konsumsi kopi nasional yang semakin tinggi setiap tahunnya membuat industriminuman kopi semakin bersaing, seperti halnya yang terjadi pada Kopi Kenangan. Pada saat ini Kopi Kenanganbelum maksimal dalam kinerja memberikan pelayanan kepada calon pelangan atas faktor jumlah gerai, kualitasberdasarkan Lembaga top brand dan popularitas. Sehingga perlu untuk dilakukan penelitian ini yang akanmembantu untuk memperbaiki kinerja tersebut. Pengumpulan data pada penelitian ini akan dilakukan melaluipenyebaran kuesioner online melalui media sosial kepada 400 orang responden yang digunakan adalah skala 4likert.setelah terkumpul, akan diolah menggunakan software statistic yaitu SPSS dengan analisis PrincipalComponent Analysis. Disimpulkan bahwa terdapat empat kelompok faktor baru yang terbentuk dengan faktor 1atau Batas Wajar Kesehatan yang terdiri atas kebiasaan dan alasan kesehatan. Kemudian faktor baru yangterbentuk dengan faktor 2 atau Kualitas Kafe yang terdiri dari rasa, kualitas dan persentasi di toko. Kemudian,faktor baru yang terbentuk dengan faktor 3 atau Strategi Kafe yang terdiri dari iklan dan kenyamanan. Lalu,faktor baru yang terbentuk dengan faktor 4 atau Testimoni yang terdiri dari pendapat teman.Kata Kunci-faktor keputusan pembelian, Kopi Kenangan, principal component analysis
Copyrights © 2023