Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap kemampuan adaptasi sosial siswa kelas I di Madrasah Ibtidaiyah. Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah sebagian siswa belum mampu beradaptasi dengan baik di lingkungan sekolah, kurangnya kemampuan mengekspresikan diri, rendahnya antusiasme belajar, dan lemahnya pengendalian emosi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimental model one group posttest only (non-desain). Subjek penelitian adalah 30 siswa kelas I MI Al-Hikmah Jakarta Timur yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data meliputi angket kecerdasan emosional, angket adaptasi sosial, dan pedoman wawancara. Analisis data dilakukan melalui analisis deskriptif, uji prasyarat, serta uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosional siswa berada pada kategori tinggi dengan skor rata-rata 77,33, dan kemampuan adaptasi sosial juga tergolong tinggi dengan skor rata-rata 77,43. Regresi linier sederhana menunjukkan adanya pengaruh signifikan antara kecerdasan emosional terhadap kemampuan adaptasi sosial dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai koefisien determinasi sebesar 0,632. Artinya, 63,2% kemampuan adaptasi sosial siswa dapat dijelaskan oleh kecerdasan emosional mereka. Nilai korelasi sebesar 0,795 menunjukkan hubungan yang kuat dan positif antara kedua variabel. Penelitian ini terbatas pada siswa kelas I MI Al-Hikmah dengan pengumpulan data melalui angket tertutup, sehingga eksplorasi mendalam terhadap dinamika sosial emosional siswa masih terbatas. Faktor eksternal seperti latar belakang keluarga dan lingkungan tidak dikaji.
Copyrights © 2025