JPEG
Vol 3, No 2 (2024): Jurnal Pengabdian Global (JPEG)

Pemanfaatan Learning Gamification Management System Guna Pembelajaran Interaktif Tingkat Sekolah Dasar pada Yayasan Rumah Tawon

Khoirunisa, Alfiah (Unknown)
Sunarya, Erwana Amarulloh (Unknown)
Riskyta, Dina (Unknown)
Rahma, Dian Noer (Unknown)
Nisa, Ainun (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2024

Abstract

Learning Gamification Management System (LGMS) adalah sebuah sistem yang mengacu pada prinsip-prinsip gamifikasi ke dalam proses pembelajaran. Gamifikasi dalam konteks ini berfokus pada penggunaan elemen-elemen permainan seperti poin, kerja sama tim, tantangan, dan hadiah untuk meningkatkan motivasi dan keterlibatan anak - anak dalam kegiatan belajar mengajar. Learning Famification Management System Mengartikan tujuan pembelajaran menjadi pengalaman belajar yang interaktif dan inovatif. Penelitian ini mengeksplorasi penerapan LGMS di Roemah Tawon, khususnya di tingkat sekolah dasar. Metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus digunakan untuk mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan kuesioner. Hasil penelitian membuktikan bahwa LGMS secara signifikan meningkatkan minat dan partisipasi anak - anak dalam pembelajaran. Elemen-elemen gamifikasi terbukti efektif dalam menyampaikan materi pendidikan dengan cara yang lebih menarik, meningkatkan kerjasama antar anak, dan mempermudah pengajar dalam memberikan umpan balik yang konstruktif. Seperti jenis komunikasi lainnya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPEG

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian Global (JPEG) adalah jurnal akses terbuka peer-review yang diterbitkan dua kali setahun (Februari dan Agustus), jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh LPPM Institut Teknologi Dan Bisnis Bina Sarana Global. Jurnal JPEG bertujuan untuk menyediakan forum nasional bagi para peneliti dan ...