JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol. 14 No. 2 (2024): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Pengembangan WEBANGDA sebagai Media Pembelajaran Digital berbasis Weebly dan Wordwall Materi Bangun Datar Kelas IV Sekolah Dasar

Melisa, Melisa (Unknown)
Andi Asrafiani Arafah (Unknown)
Sukriadi, Sukriadi (Unknown)
Rosita Putri Rahmi (Unknown)
Iksam, Iksam (Unknown)
Tri Wahyuningsih (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah yang dihadapi peserta didik selama pembelajaran yaitu dalam memahami materi bangun datar yang memiliki berbagai macam bentuk bangun datar dan juga dikarenakan minimnya penggunaan media pembelajaran yang menarik dan bervariasi tentunya pada penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi. Oleh karena itu guru, membutuhkan media pembelajaran digital yang mudah digunakan peserta didik dalam memahami materi pembelajaran seperti dapat diakses di mana saja dan kapan saja dengan memanfaatkan media pembelajaran berbasis website seperti platform weebly dan wordwall. Media pembelajaran tersebut adalah Webangda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan, tingkat kevalidan dan tingkat kepraktisan media pembelajaran Webangda (Website Bangun Datar). Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru kelas IV-A SDN 007 Samarinda Ulu. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini masuk kedalam kategori “sangat valid” yaitu sebesar 88% dari ahli bahasa, 88% dari ahli materi dan 94% dari ahli bahasa. Selanjutnya hasil yang diperoleh dari hasil respon guru dan siswa yang masuk kedalam kategori “sangat praktis”, hasil respon guru sebesar 98%, 91% dari respon siswa skala kecil, dan 88% dari hasil respon siswa skala besar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media Webangda yang dikembangkan valid dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...