Riset/penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan media digital dalam model Fan-N-Pick terhadap pemahaman konsep Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) untuk siswa Sekolah Dasar (SD). Penelitian ini menerapkan metode eksperimen semu (quasi-experiment) dengan rancangan pengukuran sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) pada kelompok eksperimen dan kontrol dengan sampel penelitian melibatkan 60 siswa kelas V SD. Kelompok eksperimen mendapatkan pembelajaran dengan model Fan-N-Pick berbasis media digital, sementara kelompok kontrol menggunakan metode tradisional. Data diperoleh melalui evaluasi pemahaman konsep, observasi, serta angket respons siswa. Data penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman konsep IPA yang signifikan pada kelompok eksperimen jika dibandingkan dengan kelompok kontrol. Peningkatan nilai rata-rata untuk posttest pada kelompok eksperimen mencapai 36,5%, sedangkan pada kelompok kontrol mengalami peningkatan sebesar 22,1%. Hasil uji-t independen mengindikasikan bahwa terdapat perbedaan signifikan dalam peningkatan pemahaman konsep antara kedua kelompok pada taraf signifikansi 0,05. Selain itu, integrasi media digital dalam model Fan-N-Pick juga meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Penggunaan media digital dalam model Fan-N-Pick dapat menjadi strategi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep IPA di SD. Hasil utama dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan media digital dalam model Fan-N-Pick mengalami kenaikan yang signifikan untuk pemahaman konsep IPA siswa SD dibandingkan dengan pendekatan tradisional. Implementasi strategi ini memerlukan kesiapan guru dalam mengadaptasi teknologi ke dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini merekomendasikan pelatihan bagi guru untuk meningkatkan keterampilan integrasi teknologi dalam pembelajaran berbasis kooperatif.
Copyrights © 2025