JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol. 15 No. 1 (2025): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Systematic Literature Review: Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Secara Kontekstual

Tri Nurjanah (Unknown)
Martyana Prihaswati (Unknown)
Eko Andy Purnomo (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada tingkat kemampuan siswa dalam berpikir kritis dengan kategori rendah. Tujuan dilakukan penelitian untuk memecahkan masalah kontekstual dengan kemampuan berpikir kritis dan diharapkan dapat memberi peran kontribusi dalam peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian memakai metode SLR (systematic literature review), dengan memakai prosedur peninjauan dengan fokus pada item pelaporan pilihan untuk tinjauan sistematis dan kerangka meta-analyses (PRISMA). Metode dilakukan dengan meninjau berbagai jurnal artikel di google scholar dari tahun 2018–2024, dengan pilihan kata kunci yang digunakan yaitu berpikir kritis dan kontekstual. Diperoleh jurnal sebanyak 1125, terpilih 25 artikel utama yang digunakan. Proses review terdiri dari tiga tahapan yaitu Planning, Conducting, dan Reporting. Hasil penelitian menunjukan pendekatan kontekstual dipakai memiliki dampak lebih efektif untuk peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa, hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penyelesaian masalah secara kontekstual didalam pembelajaran matematika dapat dikategorikan efektif dalam upaya peningkatan kemampuan siswa dalam berpikir kritis.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...