Penelitian ini mengeksplorasi konsep fundamental limit dalam kalkulus, dengan fokus pada tiga limit kiri, limit kanan, dan limit tak hingga. Limit kiri menganalisis nilai yang didekati fungsi ketika variabel mendekati titik dari nilai lebih kecil, sementara limit kanan mempelajari perilaku fungsi saat didekati dari nilai lebih besar. Limit tak hingga mengkaji perilaku asimtotik fungsi saat variabel atau fungsi mendekati nilai ekstrem. Melalui metode deskriptif kualitatif, penelitian menganalisis pemahaman konseptual dan aplikasi praktis dari ketiga jenis limit. Menggunakan instrument soal yang disebarkan kepada tiga mahasiswa jurusan matematika. Hasil menunjukkan bahwa mahasiswa sering mengalami miskonsepsi, terutama saat menangani fungsi diskontinu dan menganalisis limit kiri-kanan. Strategi pembelajaran modern yang mengintegrasikan visualisasi, teknologi komputasi, dan pendekatan multi-representasi terbukti efektif dalam membangun pemahaman komprehensif. Kemampuan menghitung limit dengan tepat tidak hanya penting untuk keberhasilan akademis tetapi juga mempersiapkan mahasiswa untuk aplikasi matematika tingkat lanjut dalam berbagai bidang seperti fisika, ekonomi, dan teknik. Penelitian menyoroti pentingnya pengembangan intuisi matematis melalui interpretasi geometris limit dan tualisasi dalam aplikasi nyata untuk memperkuat pemahaman konseptual mahasiswa.
Copyrights © 2025