Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan, kevalidan, kepratisan dan keefektifan e-booklet interaktif pada materi keanekaragaman hayati kelas VII MTs DDI Tuppu. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research & Development (R&D) dengan mengadopsi model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil uji kevalidan dari ahli materi 1 diperoleh persentase 95,23% dengan kategori “sangat valid”, dari ahli materi 2 diperoleh persentase 96,42% dengan kategori “sangat valid”, dari ahli media 1 diperoleh persentase 95% dengan kategori “sangat valid”, dari ahli media 2 diperoleh persentase 91,25% dengan kategori “sangat valid”, dan dari ahli bahasa diperoleh persentase 91,25% dengan kategori “sangat valid”. Hasil uji kepratisan oleh pendidik IPA diperoleh hasil sebesar 95% dengan kategori “sangat praktis”. Adapun oleh peserta didik, diperoleh persentase rata-rata sebesar 90,60% dengan kategori “sangat praktis”. Berdasarkan data hasil belajar pengujian awal pengetahuan peserta didik melalui pre test, diperoleh rata-rata hasil belajar sebesar 42,80. Adapun setelah penggunaan media diperoleh rata-rata hasil belajar sebesar 80,6. Adapun dari hasil pengujian N-Gain, diperoleh skor sebesar 0,66 yang artinya efektifitas penggunaan e-booklet berada pada kategori "sedang"
Copyrights © 2025