JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol. 15 No. 2 (2025): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Pengembangan Asessmen Formatif dalam Pembelajaran Biologi Berbasis Aplikasi Quizizz pada Siswa Kelas X MAN 1 Sumbawa

Indah Dwi Lestari (Unknown)
Wiwi Noviati (Unknown)
Sri Dayanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jun 2025

Abstract

Pelaksanaan asesmen formatif belum sepenuhnya diterapkan secara efektif selama pembelajaran karena guru masih menggunakan alat penilaian konvensional, sehingga untuk mengoreksi membutuhkan waktu yang cukup lama dalam melakukan perhitungan perolehan nilai siswa secara manual, dan guru juga belum mengembangkan penilaian berbasis aplikasi. Quizizz merupakan aplikasi edukasi yang dapat mendukung proses pembelajaran dengan cara menyajikan kuis interaktif secara online. Tujuan penelitian ini ialah : 1) menguji kelayakan Asesmen formatif dalam pembelajaran biologi berbasis aplikasi Quizizz siswa kelas X MAN 1 Sumbawa. 2) menguji kepraktisan asesmen formatif berbasis aplikasi Quizizz dalam pembelajaran biologi siswa kelas X MAN 1 Sumbawa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) yang menggacu pada model 4D (Define, Design, Development, Disseminate). Subjek dari penelitian ini yaitu validator dosen FKIP Universitas Samawa sebagai ahli validasi media dan ahli validasi materi, dan guru biologi MAN 1 Sumbawa sebagai ahli praktisi. Sedangkan subjek uji coba pada uji coba terbatas yaitu 10 orang siswa kelas X 5 MAN 1 Sumbawa. Teknik pengumpulan data. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket validasi ahli dan angket respon siswa. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penilaian oleh validator yaitu ahli materi diperoleh rerata 91,6% dengan kategori sangat layak, ahli media diperoleh rerata 95,31% kategori sangat layak, dan ahli praktisi diperoleh rerata 91,66% kategori sangat layak. Sedangkan hasil dari uji coba terbatas diperoleh rerata 89% kategori sangat praktis. Dengan demikian, asesmen formatif dalam pembelajaran biologi berbasis aplikasi Quizizz pada siswa kelas X Man 1 Sumbawa sangat layak dan sangat praktis digunakan dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...