JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol. 15 No. 2 (2025): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Literature Review: Analisis Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif melalui Model Pembelajaran OBE

Vinalia Amanda (Unknown)
Aini Habi Ruhmi (Unknown)
Rosa Gustiara (Unknown)
Cantika Rusmaleni (Unknown)
Fitri Astriawati (Unknown)
Jodion Siburian (Unknown)
Lely Mardiyanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Berpikir kreatif adalah keterampilan untuk menciptakan ide-ide baru, orisinil, dan inovatif yang berbeda dari pola pikir pada umumnya. Kemampuan ini penting dimiliki oleh peserta didik, tidak hanya untuk memperkaya pengalaman belajarnya, tetapi juga untuk memecahkan berbagai masalah selama proses pembelajaran. Model pembelajaran Outcome Based Education (OBE) menekankan pada kegiatan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, dengan sistem penilaian yang menekankan pada kinerja peserta didik berdasarkan capaian pembelajaran yang meliputi aspek sikap (afektif), pengetahuan (kognitif), dan keterampilan (psikomotorik). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji penerapan model OBE dan pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir kreatif melalui studi literatur. Metodologi yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi literatur. Berdasarkan berbagai temuan yang dianalisis, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning (PBL) terbukti lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa jika dibandingkan dengan pendekatan pembelajaran lainnya di lingkungan sekolah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...