Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Vol 5 No 2 (2023): Oktober

Implementasi Pendidikan Karakter Islami Melalui Budaya Sekolah di Sekolah Dasar

Faruq, Dukan Jauhari (Unknown)
Wahidah, Nur (Unknown)
Mukhsin, Mukhsin (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jan 2024

Abstract

Pendidikan merupakan sebuah kata yang sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat. Sebuah hal sangat penting dan dibutuhkan oleh setiap individu. Pendidikan ditempuh dengan tujuan agar pengetahuan atau intelektualitas seseorang lebih meningkat dan luas. Pendidikan tidak hanya dibutuhkan untuk masa depan namun juga dapat digunakan dalam jangka waktu pendek sekalipun, dengan bertambahnya ilmu pengetahuan seseorang maka seseorang diharapkan bisa menyelesaikan setiap permasalahan yang akan dihadapinya. Proses pendidikan terjadi di lingkungan sekolah, dan pendidikan yang terjadi di sekolah melibatkan guru sebagai pendidik dan siswa sebagai peserta didik. Perlu diketahui bahwa pendidikan tidak hanya meningkatkan intelektualitas individu namun juga diharapkan mampu membentuk karakter siswa yang positif. Penanaman karakter pada anak usia sekolah dasar tidak bisa dikatakan mudah. Membutuhkan ketelatenan dan pemahaman pendidik dalam menanamkan nilai karakter yang baik pada peserta didik. Pendidikan karakter di sekolah memiliki kaitan yang sangat erat dengan budaya sekolah. Budaya sekolah adalah segala sesuatu yang menjadi kebiasaan dari sekolah tersebut dalam rangka untuk membentuk kebiasaan anak yang baik yang mana jika budaya sekolah ini dapat diterapkan dengan baik, maka secara otomatis kebiasaan itu nantinya akan menjadi karakter yang baik para siswa.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan hasil dari penelitian ini adalah terwujudnya niai-nilai karakter religius yang tercipta dari pembiasaan pada anak-anak menunjukkan bahwa dengan adanya pembiasaan berpakaian rapi dan sopan di sekolah dapat merubah tingkah laku siswa menjadi lebih baik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

auladuna

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Auladuna merupakan jurnal pendidikan guru madrasah ibtidaiyah dikelola oleh Prodi PGMI Fakultas Tarbiyah dan Kegurua Institut Agama Islam Al-Falah As-sunniyyah Kencong. Jurnal Auladuna mencakup tentang pendidikan terutama dalam, kajian, aplikasi teori, hasil penelitian, dan pengajaran dalam ...