Pengembangan modul getaran harmonis berbasis Project Based Learning (PjBL) dilakukan untuk mengetahui kelayakan, respon, serta peningkatan keterampilan proses sains siswa dengan penggunaan modul dalam pembelajaran. Penelitian pengembangan Research and Development (R&D) model Borg & Gall yaitu sampai pada tahapan uji coba pemakaian yang digunakan dalam penelitian ini, dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas X IPA 1 dan X IPA 5 yang berjumlah 24 siswapada masing-masing kelas. Hasil analisis data penelitian diperoleh: 1) hasil validasi ahli materi terhadap modul diperoleh skor sebesar 84,26% dan validasi ahli media didapatkan persentase sebesar 84,66% dengan kategori sangat valid. 2) uji Kelayakan modul oleh guru diperoleh persentase sebesar 96,89% dengan kategori sangat layak. 3) Hasil respon uji coba skala kecil terhadap produk yang dilakukan pada kelas XI IPA 5 didapatkan skor sebesar 88,67% dengan kriteria sangat menarik. 4) uji N-gain yang dilakukan di kelas eksperimen didapatkan hasil sebesar 0,7 dengan persentase 70% masuk kedalam kategori tinggi, sedangkan kelas kontrol didapatkan hasil 0,53 dengan persentase 53% dengan kategori sedang. Dapat disimpulkan bahwa modul getaran harmonis berbasis Project Based Learning (PjBL) layak digunakan serta dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa.
Copyrights © 2024