Optika : Jurnal Pendidikan Fisika
Vol. 9 No. 2 (2025): OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN PhET TERHADAP PEMECAHAN MASALAH FLUIDA STATIS

Hasan, Ananda Febryana (Unknown)
Setiawan, Dewa Gede Eka (Unknown)
Samatowa, Lukman (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantuan PhET Simulation terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi fluida statis. Penelitian menggunakan desain One Group Pretest-Posttest, dengan subjek penelitian sebanyak 90 siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Kabila tahun ajaran 2024/2025 yang dibagi acak dalam tiga kelas. Instrumen penelitian berupa 7 soal uraian yang telah divalidasi dan diuji reliabilitasnya. Data yang terkumpul dianalisis melalui uji normalitas, homogenitas, uji-t, dan analisis normalized gain. Adanya peningkatan hasil signifikan setelah penerapan PBL berbantuan PhET, dengan rata-rata posttest 86,4; 83,5; dan 82,1, serta n-gain tinggi (0,8; 0,78; 0,77). Uji-t menunjukkan thitung > ttabel, menandakan pengaruh signifikan. Penelitian ini membuktikan bahwa PBL berbantuan PhET efektif meningkatkan pemahaman konsep pemecahan masalah siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

optika

Publisher

Subject

Education Physics

Description

OPTIKA adalah jurnal yang mengkomunikasikan kemajuan ilmiah di bidang pendidikan fisika dan ilmu fisika. OPTIKA juga melaporkan temuan baru yang signifikan terkait dengan pendidikan sains (IPA) pada tingkat dasar dan menengah, termasuk: pengembangan media pembelajaran, pengembangan metode ...