KINDAI : Kumpulan Informasi dan Artikel Ilmiah Manajamen dan Akuntansi
Vol 21 No 2 (2025): KINDAI

PENGARUH DIMENSI KUALITAS PELAYANAN (SERVQUAL) TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DAN MINAT BERKUNJUNG KEMBALI DI TOKO BMC MOTOR BANJARMASIN

Putri, Septia (Unknown)
Zamrudi, Zakky (Unknown)
Mursanto, Mursanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) pengaruh dimensi kualitas pelayanan (tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy) terhadap kepuasan pelanggan Toko BMC Motor Banjarmasin, (2) pengaruh dimensi kualitas pelayanan terhadap minat berkunjung kembali, (3) pengaruh kepuasan pelanggan terhadap minat berkunjung kembali, dan (4) pengaruh tidak langsung dimensi kualitas pelayanan terhadap minat berkunjung kembali melalui kepuasan pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif asosiatif dengan pendekatan Partial Least Squares – Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Sebanyak 100 responden dipilih dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) dimensi kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, (2) dimensi kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap minat berkunjung kembali, (3) kepuasan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap minat berkunjung kembali, dan (4) terdapat pengaruh tidak langsung yang signifikan antara dimensi kualitas pelayanan terhadap minat berkunjung kembali melalui kepuasan pelanggan. Temuan ini menegaskan pentingnya peningkatan dimensi kualitas pelayanan untuk membangun kepuasan pelanggan dan minat berkunjung kembali. Kata kunci: dimensi kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan, minat berkunjung kembali

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

kindai

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

JURNAL Kindai adalah peer-review jurnal yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Pancasetia Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pancasetia Banjarmasin. Kindai pertama kali terbit dalam versi cetak pada tahun 2003 dan sejak tahun 2016 telah berubah menjadi versi online dengan OJS. ...